War of the planet of the apes.

Kera yang lebih berperikemanusiaan

Kalo kita inget 2 film Apes sebelumnya (lupakan yang Mark Whalberg karena beda dimensi ya), yang pertama RISE, tentang awal dan kebangkitan Caesar sebagai kera yang cerdas dan punya kepemimpian tinggi. Lalu sekuelnya, DAWN yang tentang permulaan perang antara manusia dan kera, di sini ada KOBA yang keren banget hadap-hadapan dengan Caesar. Lalu yang terakhir yang baru tayang ya si WAR ini, lanjutan tentang perang manusia dan para kera. Tapi, untuk film yang di judulnya ada kata WAR, film ini kurang WAR sih sebenernya, lebih cocok pake judul DAWN, dan film kedua cocok jadi WAR.

 

Karena di film WAR ini lebih banyak ke perdebatan batin Caesar untuk kehidupan para kera dan masa lalu dengan KOBA yang menghantui terus-terusan. Plus juga film ini seperti penutup dari trilogi Apes yang baru, jadi cocoknya berjudul DAWN sih ini harusnya. WAR ini kalo di timeline semua film Apes letaknya di sebelum film Apes orginal tahun 1968. Walau katanya bakal ada film kelanjutannya, entahlah, mungkin nunggu pendapatannya laku apa ngga. Kalo laku, sekuelnya lanjut, dan sampe minggu kedua ini udah nembus $90 juta dolar sih, dari budget $150an juta. Yang flop malah si Valerian.

CGI di WAR ini makin keren, detil wajah para kera juga bagus banget. Dan mereka berani zoom wajah para kera dan nunjukin kedetilan wajahnya, ga kayak Transformers yang makin ke sini makin cepet gerakannya biar ga perlu repot bikin detil CGI-nya. Para kera di sini nampak seperti real banget. 3 sekawan Caesar, Rocket, dan Maurice makin kayak beneran, dan 3 sekawan ini udah barengan dari DAWN. Asik banget liat mereka naik kuda bertiga berjajar. Kadang ada si Luca juga, si Gorilla, kalo ga salah dia di RISE belum ada, atau ada cuma belum disebut ya. Intinya 4 kera ini keren banget, andai team di EPL yang udah lama ga juara punya 4 pemain kayak mereka, mungkin bisa juara EPL 5 kali berturut. Mungkin ya.

 

Seperti yang kayak udah-udah kalo ada pertarungan antara hewan dan manusia, pihak manusia digambarkan lebih ga berperikemanuisaan daripada para kera di sini. Mana si Kolonel ajaib bener orangnya, ya masa tiap saat pake kacamata item bahkan ketika malam atau di dalam ruangan gelap, udah kaya mas-mas yang kalo ke mol pake polo shirt kerahnya dinaikin, pake kacamata item, celana pendek, trus pake yeezy KW, dan kaos kaki panjang sebetis. Aneh banget. Tapi si Kolonel juga punya alasan kenapa dia bertindak seperti itu, ya walopun alasannya masih kerenan alasan si Caesar.

Di WAR juga banyak referensi dari film-film Apes original, misal “”The only good ape is a dead ape””, nama-nama karakter yang dulu muncul lagi di sini, simbol Alpha Omega, dan beberapa hal lain. Tapi kalo ga nonton Apes yang original juga gapapa sih. Lalu ada karakter Bad Ape yang memakai rompi biru, yang dulu di film Apes original juga ada yang berbaju seperti ini. Karakter Bad Ape ini menarik, karena cukup menghibur dan mirip mamang penjaga Villa di puncak deket Rindu Alam. Dan bawel bener ini si Bad Ape.

 

Di WAR ini banyak plothole yang cukup ganggu, dan cukup gede pula lobangnya plotholenya. Ada di belakang-belakang film lah itu plothole, nanti kalian juga ngeh sendiri plotholenya. Durasi film ini juga cukup panjang, dan pace filmnya juga ga cepet, jadi kalo mau nonton disarankan jangan yang pemutaran paling malam. Takutnya ga konsen dan lelah, apalagi kalo nontonnya sendirian kayak mbah. Kalo nontonnya pas bareng anak-anak Jeketi waktu itu sih gapapa… mau dini hari juga mbah dan eyang jabanin. Atau nobar sama alumni kayak Ve dan Dhike…(Cleo ngga usah).

Untuk penggemar dan ngikutin RISE dan DAWN, film WAR ini wajib sih hukumnya. Walau secara keasikan nonton emang paling keren yang DAWN. Tapi for the apes, kalian harus nonton, Apes. Stronge. Together. gitu loh. Di sini Caesar udah beruban jenggotnya. Untuk yang ga ngikutin RISE dan DAWN, mendingan jangan deh, karena bakal ngantuk dan bonding dengan film serta para kera yang ada di film ini. Dan anak kecilnya cantik banget.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s