Valerian and the City of a Thousand Planets

Kenapa film ini flop di US?

Awalnya males nonton Valerian karena liat pendapatan di US flop. Ga nembus 70 juta dollar sama sekali. Cuma karena ada temen penggemar film sci-fi nonton Valerian dan suka, berarti filmnya ga jelek. Lalu memutuskan lah nonton film ini, dan hasilnya ga kecewa kok. Malah seneng nontonnya, buat yang suka film sci-fi ala Fifth Element atau Total Recall bakal suka sih. Di sini banyak bener makhluk-makhluk angkasa luar yang muncul, begitu juga dengan alat-alat canggih dari berbagai planet. Bangunan-bangunannya juga asik, belum lagi bentukan makhluk angkasa luarnya (termasuk hewan) yang aneh-aneh.

Lalu kenapa bisa flop di US sana? Apakah masyarakat US ga paham film sci-fi?

Kemungkinan karena film ini diangkat dari komik Prancis, jadi warga US ga merasa kenal atau familiar dengan komik ini, jadi ya ogah-ogahan nontonnya. Sama kayak beli komik di Popcon, kalo pengarangnya ga kenal, belinya agak ogah-ogahan gitu, padahal bisa aja itu karya yang bagus. Seperti yang dilansir dari IMDB.com tanggal 18Maret 2012 ( http://www.imdb.com/title/tt0983193/business?ref_=tt_dt_bus ), sewaktu perilisan film Tintin dulu juga gitu, di US pendapatannya ga nembus $100 juta, alasannya tetep sama, Tintin itu bukan komik asli US.

Lalu penonton US pas liat trailernya ga ngerti ini film tentang apa. Apakah ini yang bikin trailer film di amrik mulai banyak ngasih isi filmnya? Pengen nonton film yang gampang-gampang aja kayaknya. Padahal ceritanya sederhana tanpa twist aneh-aneh, masa iya kritikus yang nonton pas premiere pada ga ngerti. Tapi Valerian keluarnya hampir barengan dengan Dunkirk, War of the Planet of the Apes, dan Spider-Man juga sih. Kantong penonton pada jebol kayaknya pas mau beli tiket Valerian. Satu-satunya balikin modal ya dari pendapatan di seluruh dunia, terutama di Prancis, yang notabene pada tau siapa Valerian.

Kalo menurut mbah sih, film ini asik banget buat yang suka sci-fi, emang filmnya ga humoris ala-ala Guardian of the Galaxy, iya banyak yang ngebandingin Valerian dengan GOTG juga loh. Tokoh utamanya juga cuma dua, dan yang cowo alias si Valerian yang diperanin Dane DeHaan agak ga pas. Di cerita dia itu ceritanya Playboy dan bad boy, tapi yang terlihat malah kayak graphic designer yang kebanyakan pitching gitu, muka ngantuk dan suara beler kebanyakan begadang. Malah si Cara yang jadi Laureline yang kerasa pas karakternya, setidaknya dia lebih keren di sini daripada di Suicide Squad…itu loh film DC yang menang Oscar.

Bentukan para Alien juga menarik sih, CGI-nya ada yang bagus, ada yang keliatan, ada juga yang kostum. Ada juga Alien yang muncul sesaat doang, padahal kayaknya bikin kostumnya ribet. Begitu juga pesawat-pesawatnya, ada banyak, tapi yang keren itu pesawat salah satu alien yang bisa kepecah jadi banyak bagian… WHOAAA. Kostum “perang” Valerian juga cukup keren, mirip seragam penjelajah di Prometheus sih, cuma gadget dan kelebihannya banyak bener. Mungkin aja dari kostum itu bisa keluar mobil, secara kayaknya tuh kostum bisa ngeluarin apapun gitu, mungkin termasuk piala EPL… wah Om Weng kudu beli tuh kostum.

Yang paling nyuri perhatian tentu si alien 3 bebek. Muncul suka-suka, dan pada bawel banget, tapi menyenangkan liatnya. Dan ya abis itu mereka ga jelas nasibnya, hahaha, padahal mereka bisa dibilang menolong pace film jadi asik di bagian tengah. Dan karena film ini juga diproduseri oleh salah satu perusahaan Cina (kayak banyk film-film hollywood akhir-akhir ini), tentu saja ada pemain Cinanya, lumayan ganteng pula, dan dapet menit banyak. Typenya Eyang gitu.

Jadi, ya bisa dibilang ini Valerian manjain mata banget, asal kalian abaikan si Dane yang abis begadang. Buat yang suka sci-fi bakal nikmatin. Tapi buat yang ga suka sci-fi dan nonton cuma mau liat Dane mendingan jangan, bisa-bisa ketiduran nanti. Sayang banget ini Valerian ga ada di IMAX, soalnya pasti gambar dan warnanya lebih bagus lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: